Jenis-jenis Lampu LED dan Fungsinya


Lampu light emitting diode (LED) makin populer belakangan ini. Lampu jenis ini tak hanya ada pada mobil standar keluaran pabrik, namun juga banyak ditemui sebagai aksesoris aftermarket. Inilah jenis-jenis lampu LED dan fungsinya.

Berdasarkan penggunaannya, Anggi Subono, punggawa spesialis lampu modifikasi Axcel Mod, memaparkan beberapa jenis lampu LED standar beserta peruntukannya sebagai berikut:

LED T10
T10 dengan ukuran standart dapat digunakan untuk semua mobil dengan lebar soket 10 mm , biasanya T10 sering digunakan sebagai lampu sign (sein, riting, kedip, dll), lampu indikator panel dashboard, lampu senja, dan lampu plat nomor. Pilihannya beragam ada 1 mata, 3 mata, 5 mata, 9 mata, 12 mata, 18 mata, dan 21 mata. Beragam jenisnya adalah SMD 5050, SMD 5630, SMD 3528, dan SMD 1210. 

LED T20
T20 berukuran 20 mm diperuntukkan khusus mobil Eropa sebagai lampu sign, mundur, dan rem.

LED Plafon
Lampu kabin mobil tidak membutuhkan pencahayaan yang sangat terang, cukup untuk menerangi sekadar membaca buku atau mencari uang receh yang jatuh.
Tipe surface mounth device (SMD) dengan karakter pencahayaan tipis berwarna putih, terang, dan bersih adalah yang paling cocok. Untuk pasarnya sendiri tersedia beragam pilihan ukuran mulai dari terkecil (3x3 LED SMD 5050) sampai terbesar (8x3 SMD 5050). 

Angel Eyes
Jenis LED ini lebih diperuntukan pada modifikasi sebagai sebuah lampu aksesoris warna- warni. Bentuknya yang bulat mengitari lampu utama mobil akan menimbulkan garang dan trendi.

FloodLihgt (Sorot)
Lampu jenis sorot ini khusus untuk headlamp. Lampu nya sendiri dari jenis High Power LED yang hemat energi, mampu memberikan warna putih yang terang. 

LED 1156
Soket 1156 satu konektor berbahan logam, digunakan untuk sign, mundur pada mobil. 

LED 1157
Soket  1157 dua konektor berbahan logam, digunakan untuk lampu rem  mobil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Modifikasi Mobil untuk Pemula

Mengenal Power Amplifier

Merawat Mesin Mobil Yang Sudah Tua